Senin, 28 Januari 2013

PENGERTIAN SPOORING DAN BALANCING MOBIL


Pentingnya Balancing & Spooring

Pernahkan Anda merasakan suatu guncangan hebat dalam mobil setelah berpapasan dengan bus atau mobil besar lainnya pada kecepatan tinggi. Sebagian orang meduga kalau efek limbung yang terjadi itu disebabkan oleh kecilnya ukuran mobil yang kita naiki. Pada kenyataannya, gejala limbung ini tidak terjadi pada mobil kecil (contoh: Mitsubishi Colt) yang dikabarkan seorang kawan saat dibawa mudik lebaran kemarin. Ketahuilah bahwa semua itu kuncinya pada keselarasan(spooring) dan keseimbangan (Balancing) roda serta piranti kemudi (setir) sebagai pengendali gerakan mobil.

Pada sebuah kendaraan yang telah lama dipakai, keselarasan dan keseimbangan roda harus diperbaiki karena keausan komponen kaki-kaki mobil yang bisa menyebabkan terjadinya penyimpangan pada sudut kelurusan roda. Agar kesetabilan mobil tetap terjaga maka wajib hukumnya untuk melakukan spooring dan balancing secara berkala. Tujan utama dari proses spooring adalah untuk menyelaraskan antara posisi roda kanan dan kiri. Efek yang ditimbulkan dari tidak seimbangnya roda kiri dan kanan ini bisa membuat mobil limbung dan bahkan berat sebelah. Sedangkan balancing adalah untuk membuat roda belakang menjadi parallel dengan roda depan. Balancing juga untuk menghindari adanya getaran kecil saat mobil dijalankan. Pada proses penyetelan harus diyakinkan bahwa roda belakang bener-benar parallel dengan roda depan karena roda belakang hanya mengikuti gerakan roda depan saat mobil di jalankan. Apabila kondisi ini tidak tercapai bisa menyebabkan ban Anda akan cepat aus dan kestabilan mobil tergangu.
Spooring dan balancing juga bertujuan untuk membuat keausan ban mobil merata sehingga pengendalian dan kenyamanan mobil tetap terjaga, efek limbung dapat terhindar dan keamanan berkendaraan pun senantiasa terjamin.
Gejala limbung juga bisa ditimbulkan oleh gangguan pada setir. Pada umumnya mobil sekarang sudah mengadopsi system kemudi ‘power steering’.
Gejala gangguan pada system setir ini beraneka ragam dan biasanya disebabkan oleh beberapa sebab berikut:
  1. Kemudi terasa berat akibat kendornya tali kipas dan juga mungkin oli kurangnya power steering.
  2. Getaran kuat pada kemudi akibat lemahnya system suspensi depan. Getaran ini juga disebabkan oleh longgarnya batang penyambung (long tie road) pada system kemudi.
  3. Penggunaan ban berjenis radial yang terlalu lebar dan tekanan angin yang berbeda untuk tiap ban akan mengganggu kinerja setir.
  4. Penyetelan sector shaft yang tidak tepat atau penyetel rack pada model rack and opinion terlalu kendur bias membuat gerak bebas setir berlebihan.
Gangguan pada setir akan sangat kita rasakan pada saat mobil berada pada kecepatan tinggi, makanya pengetesan spooring dan balancing perlu dilaksanakan pada saat mobil melaju pada kecepatan diatas 100 km/j, dimana gejala limbung itu bisa dirasakan.
Cara yang termudah dan termurah untuk mengetahui kapan waktunya mobil harus dilakukan spooring dan balancing:
  1. Apakah terjadi getaran pada setir yang menggangu kenyamanan Anda saat menyetir. Roda depan yang punya hubungan langsung dengan setir dan bertugas lebih ekstra memungkinkan keausan ban lebih cepat disbanding roda belakang.
  2. Pada saat mobil Anda melaju lurus kedepan, apakah Anda merasakan suatu belokan dengan sendirinya walaupun tanpa adanya perubahan kendali setir. Jika mobil cenderung membelok ke satu arah tertentu merupakan tanda adanya masalah spooring.
  3. Cobalah periksa keasusan ban mobil Anda, apakah terjadi keausan yang tidak wajar pada keempat roda mobil Anda, meliputi sisi, tapak dan bulu band. Apabila terjadi terjadi benjolan pada ban, berarti adanya system suspensi yang bermasalah pada ban tersebut.
  4. Kondisi setir yang yang tak nyaman bahkan lebih berat dari bisannya, atau saat pengendalian setir saat dibelokkan tidak mau kembali berputar pada posisi semula saat dilepaskan.
  5. Pada saat Anda membelokkan mobil, apakah Anda merasa adanya goncangan padahal kondisan jalan yang bagus.
  6. Apabila Anda merasa mobil yang Anda kendarai berjalan miring, ini tandanya mobil Anda sudah cukup parah dengan keseimbangan.
  7. Bila komponen system kemudi dan suspensi telah bergerak, sementara roda mobil Anda hanya bergerak lurus.

Tindakan preventif agar mobil Anda terhindah dari gejala limbung:
  1. Lakukan spooring dan balancing secara berkala. Karena tiap produk mobil memiliki system dan tehnologi yang berbeda-beda di bagian suspensinnya, maka disarankan untuk mengikiti buku panduan yang tersedia.
  2. Bila ingin merotasi ban, Rotasi ban harus dilakukan secara benar dan teratur akan memberikan keausan yang merata untuk semua ban di mobil Anda. Untuk mobil penggerak empat roda, dianjurkan melakukan rotasi ban setiap 5,000 kilometer (sumber: Goodyear).
  3. Pasanglah roda dengan mengikuti petunjuk arah putar yang tertera pada kulit ban dan berikan tekanan angin yang sesuai dengan buku petunjuk dari pabrik.
  4. Sebelum dimulai perbaikan spooring dan balancing lakukan pengecekan semua kondisi ban dan pelek, pengecekan bagian suspensi, hubungan pada setiap sambungan kaki-kaki, kondisi chasis serta bodi kendaraan.
  5. Untuk mendapatkan hasil spooring dan balancing yang maksimal, yakinkan bahwa bengkel yang Anda kunjungi memeliki peralatan standard dan sesuai dengan karakter mobil Anda.
  6. Hindari mengganti ban dengan mengunakan ban bekas, walaupun harganya murah resiko tinggi terhadap keselamatan.
  7. Apabila mengalami ban bocor/pecah dijalan, gunakan ban serep yang punya ukuran yang sama dengan ban aslinya. Kalau ban serep yang tersedia berbeda atau lebih kecil, pergunakan ban serep ini hanya untuk keperluan darurat sampai ban aslinya bisa diperbaiki.
informasi diambil dari suara terbanyak

42 komentar:

  1. Informasi yang bermanfaat. Terima kasih

    BalasHapus
  2. SANGAT BERMANFAAT MAS BROO... SAYA AWAM SEKALI KARENA BUKAN ORANG TEKNIK, TAPI SAYA TETAP INGIN BELAJAR...untuk permasalahan permasalahan tentang mobil

    by..www.herbalkauman.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Thanks for sharing. Infonya bermanfaat, sangat membantu mengenali permasalahan mobil, terutama untuk orang awam seperti saya.

    BalasHapus
  4. Mantap infonya gan jempol pokoknya

    BalasHapus
  5. Makasih. Sangat berguna min 😊

    BalasHapus
  6. Terima kasih atas informasinya, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  7. Thanks infonya sangat bermamfaat..

    BalasHapus
  8. Thanks infonya sangat bermamfaat..

    BalasHapus
  9. wah memang harus segera di spooring dan balancing soalnya stir udah bawa ke kiri terus

    BalasHapus
  10. Maaf saya mau tanya, untuk balancing ban dunlop baiknya dilakukan berapa bulan sekali?

    BalasHapus
  11. Terima kasih atas informasinya. Semoga berkah

    BalasHapus
  12. Terima kasih atas informasinya. Semoga berkah

    BalasHapus
  13. Gan saya punya tips nih hal apa saja yang harus dilakukan saat balacing mobil
    dari dunlop
    http://dunlop.co.id/blog/2015/08/31/hal-yang-harus-di-perhatikan-dalam-balancing-mobil/

    BalasHapus
  14. Makasih ya infonya. Mudah mudahaan jadi amal. Sujses buat anda. Amiinn....

    BalasHapus
  15. Makasih yah mas bro, nama ilmu baruuu

    BalasHapus
  16. Makasih yah mas bro, nama ilmu baruuu

    BalasHapus
  17. Tengkyu infonya brooo,,, saya harus segera spooring ne

    BalasHapus
  18. Hehe makasih, pas banget ini setir udah ngga mau balik lagi kalo abis belok, berangkat spooring balancing hehe

    BalasHapus
  19. Hehe makasih, pas banget ini setir udah ngga mau balik lagi kalo abis belok, berangkat spooring balancing hehe

    BalasHapus
  20. Sangat bermanfaat... trimakasih ilmunya...

    BalasHapus
  21. Sangat bermanfaat... trimakasih ilmunya...

    BalasHapus
  22. Saya yang baru punya mobil baru tau spooring dan balancing.. terimskasih kaka

    BalasHapus
  23. Saya yang baru punya mobil baru tau spooring dan balancing.. terimskasih kaka

    BalasHapus
  24. Makasih saya baru tahu spooring dan balancing

    BalasHapus
  25. Makasih saya baru tahu spooring dan balancing

    BalasHapus
  26. Makasih mas brow info nya...hari ini saya mau spooring...dan saya awam bngt sama mobil..

    BalasHapus
  27. Mantap.trimakasih infonya.kebetulan ban saya aus yg bagian luar aja.

    BalasHapus
  28. Mantap.trimakasih infonya.kebetulan ban saya aus yg bagian luar aja.

    BalasHapus
  29. Bermanfaat infonya,tks.

    BalasHapus
  30. Hatur nuhun, Kuring ngarasa k bantu pisan, jadi terang pan ayeunamah abdi Oge. Sporing/balancing..

    BalasHapus